Jual beli registrasi domain anything.id murah, aktivasi cepat syarat aktivasi mudah hanya SIM atau KTP saja. Sebelum tahun 2014 anda mungkin hanya mengenal domain co.id, ac.id , web.id tapi pada tahun 2014 Pandi merilis domain top level Indonesia yaitu anything.id atau apapun.id atau apasaja.id. Artinya anda bisa menggunakan kata apapun pada extensi domain berakhiran .id.

Sebagai contoh : pusathosting.id , kursusonline.id, smsmasking.id

Domain anything.id murah aktivasi cepat.!

Sejarah Singkat Domain Anything.ID

Sebelumnya Pandi atau Pengelola Nama Domain Indonesia hanya merilis  domain sublevel seperti antara lain web.id yaitu diperuntukkan umum dengan syarat aktivasi hanya melampirkan scan KTP / Sim,

Domain co.id domain ini dikhususkan perusahaan dimana prasyaratnya lebih rinci berupa SIUP, dan KTP sesuai siup. Persyaratan ini bertujuan untuk memastikan bahwa yang meregistrasi domain co.id adalah perusahaan resmi yang terdaftar dan aktif di Indonesia. Serta terakhir domain sch.id dan ac.id yaitu domain yang dikhususkan untuk instansi sekolah dan universitas.

Domain anything.id sendiri baru diresmikan pada Januari 2014. Pada saat itu terdapat 4 periode pendaftaran yaitu

Periode Sunrise

20 Januari – 17 April 2014:
Periode Sunrise bertujuan untuk memberikan peluang kepada para pemilik merek melindungi mereknya dengan mendaftarkan domain anything.ID.

Biaya

  • Biaya Administrasi Rp. 500.000,
  • Biaya Akuisisi Rp. 5.000.000,- (minimal)
  • Biaya Pendaftaran Domain (1 tahun) Rp. 500.000,-
  • Biaya pada point-point di atas belum termasuk PPN 10%

Ketentuan

  1. Hanya dapat diikuti oleh pemilik merek baik itu personal, perusahaan, organisasi dan lain-lain yang terdaftar pada Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.
  2. Domain anything.id yang didaftarkan pada Periode Sunrise harus sama persis dengan nama yang tercantum pada Sertifikat Merek.
  3. Untuk mendaftarkan anything.id pada Periode Sunrise, Peserta harus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh PANDI dan membayar Biaya Administrasi, Biaya Akuisisi, dan Biaya Pendaftaran Domain.
  4. Biaya Akuisisi akan dikembalikan jika Peserta tidak mendapat hak penggunaan domain anything.id.
  5. Biaya Administrasi tidak dikembalikan baik itu untuk Aplikan yang mendapatkan maupun tidak mendapatkan hak penggunaan domain anything.id.
  6. Akan diadakan lelang jika terjadi pendaftaran nama domain yang sama oleh lebih dari satu pihak.
  7. Pada periode saat lelang Peserta dapat menaikkan nilai Biaya Akuisisi dengan kelipatan Rp. 550.000 (include PPN 10%) untuk mengalahkan Peserta lain.
  8. Setelah Periode Sunrise selesai, Peserta yang telah dinyatakan memegang hak penggunaan domain akan langsung didaftarkan domainnya.

Wow… pada periode ini banyak juga pemilik merek yang mendaftarkan merek nya menggunakan domain anything.id

Periode Grandfather

21 April – 13 Juni 2014:
Periode ini memberikan peluang kepada registrant yang sebelumnya telah memiliki domain tingkat dua .ID sehingga dapat mendaftarkan domain anything.id

Biaya

  • Biaya Administrasi Rp. 250.000,-
  • Biaya Akuisisi Rp. 2.500.000,- (minimal)
  • Biaya Pendaftaran Domain (1 tahun) Rp. 500.000,-
  • Biaya pada point-point diatas belum termasuk PPN 10%

Ketentuan

  1. Hanya dapat diikuti oleh pemilik domain tingkat dua .ID sebelumnya baik itu personal, perusahaan, organisasi, lembaga pendidikan, desa, dan semua entitas lain.
  2. Domain anything.id yang didaftarkan pada Periode Grandfather harus sama persis dengan nama domain tingkat dua .ID yang sebelumnya dimiliki.
  3. Untuk mendaftarkan anything.id pada Periode Grandfather, Peserta harus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh PANDI dan membayar Biaya Administrasi, Biaya Akuisisi, dan Biaya Pendaftaran Domain.
  4. Biaya Akuisisi akan dikembalikan jika Peserta tidak mendapat hak penggunaan domain anything.id.
  5. Biaya Administrasi tidak dikembalikan baik itu untuk Peserta yang mendapatkan maupun tidak mendapatkan hak penggunaan domain anything.id.
  6. Akan diadakan lelang jika terjadi pendaftaran nama domain yang sama oleh lebih dari satu pihak.
  7. Pada periode saat lelang Peserta dapat menaikkan nilai Biaya Akuisisi dengan kelipatan Rp. 550.000 (include PPN 10%) untuk mengalahkan Peserta lain.
  8. Setelah Periode Grandfather selesai, Peserta yang telah dinyatakan memegang hak penggunaan domain akan langsung didaftarkan domainnya.

Pada periode ini makin banyak perusahaan dan pribadi yang mendaftarkan domain anything.id meskipun harganya masih lumayan besar.

Periode Landrush

16 Juni – 15 Agustus 2014:
Pada periode ini ditujukan untuk pengguna yang ingin segera mendapatkan anything.ID namun tidak memenuhi syarat pada Periode Sunrise maupun Grandfather.

Biaya

  • Biaya Administrasi Rp. 100.000,-
  • Biaya Akuisisi Rp. 1.000.000,- (minimal)
  • Biaya Pendaftaran Domain (1 tahun) Rp. 500.000,-
  • Biaya pada point-point diatas belum termasuk PPN 10%.

Ketentuan

  1. Dapat diikuti oleh semua entitas Indonesia baik itu personal, perusahaan, organisasi, lembaga pendidikan, desa, dan semua entitas lain.
  2. Untuk mendaftarkan anything.id pada Periode Landrush, Peserta harus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh PANDI dan membayar Biaya Administrasi, Biaya Akuisisi, dan Biaya Pendaftaran Domain.
  3. Biaya Akuisisi akan dikembalikan jika Peserta tidak mendapat hak penggunaan domain anything.id.
  4. Biaya Administrasi tidak dikembalikan baik itu untuk Peserta yang mendapatkan maupun tidak mendapatkan hak penggunaan domain anything.id.
  5. Akan diadakan lelang jika terjadi pendaftaran nama domain yang sama oleh lebih dari satu pihak.
  6. Saat lelang Peserta dapat menaikkan nilai Biaya Akuisisi dengan kelipatan Rp. 550.000 (include PPN 10%) untuk mengalahkan Aplikan lain.
  7. Setelah Periode Landrush selesai, Peserta yang telah dinyatakan memegang hak penggunaan domain akan langsung didaftarkan domainnya.

Pada periode ini tentu saja makin banyak yang menggunakan domain anything.id

Periode Bebas untuk Umum

Akhirnya domain anything.id di luncurkan untuk umum pada tanggal 17 Agustus 2014. Pada periode ini semua bisa melakukan registrasi domain anything.id baik itu perusahaan maupun personal tapi sayangnya persyaratannya masih begitu rumit. Berikut ini adalah ketentuan penamaan nama domain anything.id waktu itu.

Ketentuan Penamaan

  1. Nama Normatif: Domain anything.id sama dengan, bagian atau singkatan dari nama Aplikan/badan-usaha/organisasi/entitas, sebagaimana tercantum dalam dokumen pendirian atau perubahan-perubahannya dari Aplikan.
  2. Nama Merek/Tanda Dagang/Hak Cipta/HaKI: Domain anything.id terkait merek/tanda dagang/hakcipta/HaKI lainnya dari Aplikan/badanusaha/organisasi/entitas yang dibuktikan dengan tanda pendaftaran atau sertifikat merek/tanda-dagang/hak-cipta/HaKI lainnya;
  3. Nama Terkait: Domain anything.id terkait nama produk, jasa layanan, bagian/divisi/unit,atau programkerja/pelatihan dari Aplikan/badanusaha/organisasi/entitas yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat pernyataan resmi.
  4. Nama Perwakilan/Agen/Distributor: Domain anything.id terkait nama Perwakilan, Keagenan, Distributor dari Aplikan/badanusaha/organisasi/entitas lain, yang dibuktikan dengan Surat Penunjukan Perwakilan/Keagenan/Distributor resmi.
  5. Nama Domain Institusi:Aturan penamaan sesuai dengan Kebijakan Pendaftaran Nama Domain No PANDI-DNP/2012-002.
  6. Nama Domain Personal:Aturan penamaan harus sama dengan dokumen identitas yang diambil dari nama lengkap,bagian dari nama lengkap atau singkatan nama. Misal, Yudho Giri Sucahyo, hanya dimungkinkan untuk menggunakan: yudhogirusucahyo.id, yudhogiri.id, yudhosucahyo.id, girisucahyo.id, yudho.id, giri.id dan sucahyo.id, ygs.id atau yudhogs.id, ygsucahyo.id.

Dan persyaratannya pun berat, jika perusahaan harus menyertakan SIUP / Surat keterangan merek dan untuk personal harus melampirkan KTP

Pada periode publik ini biaya domain anything.id adalah sebesar 550.000,/tahun

CATATAN :

Semua domain yang di registrasi harus terdiri dari 5 karakter keatas. lha kok? bagaimana jika saya ingin meregistrasi domain dibawah 5 karakter?

Nah ini Dia.!

Harga Domain Anything.ID Dibawah 5 Karakter

Biaya administrasi dan harga normal domain anything.id diatas tidak seberapa jika dibandingkan dengan biaya domain berkarakter pendek dibawah 5 karakter. Biayanya adalah sebagai berikut :

  • 4 karakter : Rp. 2.200.000-
  • 3 karakter : Rp. 16.500.000,-
  • 2 karakter : Rp. 550.000.000,-

Wah…wah… bisa dipastikan akan membuat anda kanker (baca: kantong kering) untungnya meskipun kami tidak memiliki domain ph.id tapi kami sempat memiliki domain 2 karakter yaitu ph.co.id yang kami daftarkan dulu sebelum ada proses pembatasan karakter domain.

Harga domain dibawah 5 karakter ini berlaku dan tidak ada perubahan harga hingga tulisan ini kami terbitkan pada bulan Juni 2015

KABAR GEMBIRA.! Perubahan Kebijakan

Kami pernah menerima email dari PANDI yang menginformasikan bahwa ada pihak pemilik merek yang keberatan ketika merek-nya ternyata diserobot dan didaftarkan oleh pihak lain. Hanya saja email ini tidak sempat kami dokumentasikan.! dan akhirnya pada tanggal 1 Maret 2015 semua persyaratan ketentuan penamaan di batalkan.

Semua orang bebas diperbolehkan mendaftarkan nama apa saja dan prasyaratnya sangat mudah yaitu hanya dengan KTP / SIM saja.

Adanya perubahan ini, mendadak PANDI memberikan diskon 50% untuk registrasi domain anything.id. Diskon ini dimulai dari bulan Maret 2015 s/d April 2015 diperpanjang lagi dari April 2015 ke Mei 2015 dan diperpanjang lagi Mei 2015 s/d Juni 2015

Maaf numpang promosi, Registrasi anything.id sekarang.! sebelum diserobot jukir.!

Begitulah sejarah singkat domain anything.id yang sempat kami rangkum dari berbagai sumber. Mohon informasikan jika apa yang kami sampaikan ada kesalahan karena kami sempat mencari informasi ini di website pandi.id hanya 3 arsip ini yang kami temukan di halaman pengumuman, berita, blog

pengumuman pandi

Semoga urutan histori sejarah domain anything.id ini bermanfaat.