Rangkuman Daftar Istilah Email

Kadang perlu membuat daftar rangkuman istilah email ini khusus bagi anda yang belum mengetahui atau mungkin iseng saja ingin membacanya.

Berikut ini adalah daftar istilah di Email :

Email

Yang pertama adalah e-mail, atau kepanjangan dari electronic mail atau terjemahnya pesan elektronik.

Webmail

Jika ada email pasti ada webmail, yaitu web based application email atau software berbasis website yang berfungsi untuk menampilkan data email dari server.

Dalam hal ini webmail yang paling terkenal adalah Roundcube dan Squirrelmail

Inbox

Setelah login kedalam webmail anda pasti akan melihat inbox yaitu artinya kotak surat. Didalamnya berisi semua pesan email dan anda bisa membacanya satu per satu atau malah menghapusnya.

Sent Item

Adalah folder yang berisi pesan email yang telah kita kirimkan, dimana pesan-pesan itu tersimpan secara otomatis setiap kita selesai mengirimkan email.

Trash

Adalah tempat sampah, setiap email yang kita hapus tidak langsung terhapus tapi otomatis masuk ke folder Trash. Nah nantinya folder trash ini akan terhapus dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Compose

Selanjutnya adalah compose, yaitu tombol yang anda gunakan untuk membuat pesan email

Address Book

Setelah melakukan compose biasanya anda akan mencari alamat email kolega anda melalui Address book. Yah tepat sekali daftar buku alamat.

Attachment

Bisa jadi diperlukan dokumen pendukung berupa file dalam bentuk .zip atau pdf. Nah anda bisa melakukan attach file tersebut dan menguploadnya kedalam pesan email. Kita sering menyebutnya sebagai file attachment.

Bounce Message

Email sudah kita kirim tapi kenapa ada pesan error masuk yang mengatakan pesan tadi tidak terkirim ya? pesan error itulah disebut sebagai Bounce Message.

MX Record

Kemudian agar nama domain bisa terpointing ke server email tertentu maka dibuatlah setting dns didalam domain yang disebut sebagai MX Record.

POP3 / IMAP

POP3 (Post Office Protocol 3) dan IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol email yang biasanya kita memilih salah satunya untuk kita gunakan apabila kita menggunakan email client seperti Microsoft Outlook atau Thunderbird.

SMTP

SMTP ( Simple Mail Transfer Protokol ) sama sepertihalnya POP3 dan IMAP dimana SMTP merupakan protokol untuk mengirim email keluar.

EMAIL CLIENT

Adalah software yang berbasis desktop yang biasanya digunakan untuk membuka email. Beberapa diantaranya adalah Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird.

MUA

Mail User Agent yaitu istilah lainya adalah email client.

MSA

Message Submission Agent adalah software yang berfungsi untuk menerima email.

MTA

MTA atau Mail Transfer Agent adalah software yang berfungsi untuk memproses pengiriman email. MTA ini erat kaitan dengan SMTP

Sementara ini dulu daftar istilah email yang bisa kami tulis, lain waktu apabila ada istilah penting lainya akan segera kami update diartikel ini.

Sharing is Caring.!

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of